Friday 22 January 2016

Programa Penyuluhan Pertanian Kabupaten Maros Tahun 2016



Programa Penyuluhan Pertanian  Kabupaten Maros Tahun 2016 
 

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar belakang
Pembangunan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan merupakan bagian dari Pembangunan Nasional yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan jalan meningkatkan produksi pertanian,perikanan dan kehutanan secara terus menerus, guna memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat yang cenderung meningkat dan memenuhi kebutuhan bahan baku industri dalam negeri yang berkembang serta meningkatkan devisa negara dengan ekspor hasil-hasil pertanian kehutanan keluar negeri.
Pemanfaatan teknologi maju di sektor pertanian,perikanan dan kehutanan semakin luas, demikian juga produktivitas usaha tani juga lebih baik. Hal ini menunjukkan adanya indikasi semakin banyaknya pelaku utama yang telah beralih dari cara usaha tani tradisional kearah usaha tani yang lebih maju/modern.
Untuk mendukung program di atas, maka diperlukan dukungan pelayanan sarana dan prasarana disamping tersedianya paket teknologi pertanian,periknan dan kehutanan yang spesifik lokasi . Tersedianya sarana produksi seperti pupuk, bibit/benih unggul, pakan bermutu dan memenuhi enam tepat serta pelaksanaan Sapta Usaha Tani merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan dalam proses produksi serta penanganan pasca panen.
Sarana dan Prasarana yang tersedia akan menjadi lebih bermanfaat dan bernilai apabila telah direncanakan bersama oleh pelaku utama,pelaku usaha, penyuluhsecara tertulis dalam bentuk programa.
Programa Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan adalah rencana kegiatan penyuluhan yang akan dilaksanakan di tingkat Kabupaten dan wilayah kerja UPT BPPKP sebagai salah satu bagian program pembangunan Pertanian   Perikanan dan Kehutanan, yang disusun secara tertulis dan sistematis setiap setahun sekali.  Programa bertujuan untuk memberikan arah yang tepat dan jelas bagi penyuluh, agar dalam pelaksanaan penyuluhan  lebih berdayaguna dan berhasilguna.  Selain itu juga programa penyuluhan pertanian, Perikanan dankehutanan merupakan suatu wadah untuk memadukan kebijakan pemerintah Kabupaten Maros dalam  mendukung Program Nsional Peningkatan produksi Beras,kedele, jagung,daging sapi, tebu, dan cabe, MinaPolitan  dan Program  Gubernur Program Provinsi Sulawesi Selatan dan kepentingan, keinginan pelaku utama beserta keluarganya, sehingga  upaya pembangunan pertanian,perikanan dan kehutanan dapat mencapai sasaran. 
Programa Penyuluhan  Pertanian, Perikanan dan kehutanan ini diharapkan  dapat  memberikan arah yang tepat dan jelas bagi penyuluh dan petani-nelayan agar pelaksanaan penyuluhan pertanianlebih berdaya guna dan berhasil guna.

B.  Tujuan penyusunan Programa
Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kabupaten Maros Tahun 2016 bertujuan :

1.    Menyediakan acuan dalam penyelenggaraan penyuluhan Pertanian, Perikanan dan kehuanan bagi penyelenggara penyuluhan.
2.    Memeberikan acuan bagi Penyuluh Pertanian, Perikanan da Kehutanan dalam menyusun rencna kerja tahunan penyuluh tahun 2016.
3.    Menyediakan  bahan perencanaan kegiatan penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan untuk disampaikan dalam forum  Musrembang.
4.    Meningkatkan pengetahuan, wawasan, sikap dan perilaku utama, perilaku usaha ,penyuluh dan petugas lingkup pertanian, perikanan dan kehutanan  agar  mereka manpu memecahkan  permasalahan  yang ada serta manpu  memenfaatkan/merubah potensi sumberdaya pertanian, perikanan dan kehutanan menjadi peluang yang nyata dan bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas, pendapatan serta kesejehteraan masyarakat petani, nelayan  dan kehutanan.



 Selengkapnya DownLoad disini

No comments :