Saturday 5 July 2014

Email atau Gmail sebagai Sarana Komunikasi bagi Penyuluh Pertanian

Oleh : Ir. Pangerang, MP (Penyuluh Pertanian Kab. Maros)

 

Pengertian Gmail/Email 
Email/e-mail/electronic mail singkatan dari Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesianya disebut Surat Elektronik digunakan untuk berkomunikasi lebih mudah, praktis, dan instant dengan memanfaatkan koneksi internet dalam mengirim dan menerima informasi atau surat elektronik, saat ini email juga banyak digunakan sebagai alat pendaftaran website. Bagi Penyuluh Pertanian hal ini sangat penting kita manfaatkan karena besar sekali manfaatnya. Apalagi sekarang ini sudah banyak sekali penyedia Email gratis, yang terpenting, anda tinggal memilih Email gratisan mana yang akan digunakan. Seperti @Yahoo, @Gmail, @Live, @aim, @Hotmail dsb. tetapi layanan email yang terbesar dan paling banyak digunakan, yaitu Gmail, atau Email. Untuk itu saya mengajak teman-teman penyuluh pertanian yang belum memanfaatkan sarana ini Mari  kita bikin Email atau Gmail….caranya sangat mudah …… ikuti saja petunjuk ini.  

Perbedaan Gmail dan Yahoo Email  
Sebelum memilih lebih baik mengetahui Perbedaan dari kecepatan menurut saya yang dapat dihasilkan adalah  
  1. Segi kecepatan, harus diakui bahwa Gmail lebih cepat daripada Yahoo mail. 
  2. Login, seakan Gmail melesat tanpa hambatan, sedangkan Yahoo agak lambat. 
  3. Kecepatan Gmail dalam menerima Email cukup cepat tetap dan login dan berada di halaman account, dan tidak perlu me-refresh halaman untuk melihat apakah ada Email masuk atau tidak. Sedangkan Yahoo mail, terkadang kita perlu me-refresh
Manfaat email:
  1. Untuk mengirim surat/konten materi penyuluhan, dan lain-lain secara elektronik dengan cepat dan murah baik pada sesama penyuluh pertanian maupun kepada yang lain.
  2. Untuk mempromosikan barang dan jasa (hasil-hasil pertanian) kepada pelanggan (email marketing).
  3. Akun email berguna selayaknya kartu identitas pada situs dan aplikasi yang mengharuskan penggunanya untuk mendaftar dalam internet misalnya membuat website, blogger dll.

Langkah-Langkah Membuat Email atau Gmail
  1. Buka alamat gmail di http://mail.google.com/ 
  2.  
  3. Biasanya anda akan masuk ke layar login akun Google terlebih dahulu. pada layar tersebut di bagian kanan atas akan ada link Create an Account dan Buat Akun Anda
  4. Akan terlihat Gambar 
  5.  
  6. Google akan meminta anda mengisi beberapa hal sebelum anda membuat email. Berikut ini adalah data yang harus anda isikan:
  7. Nama depan dan belakang contoh (Pangerang dan PPL_Maros)
  8. Alamat email yang anda inginkan (tidak boleh  dua alamat email yang sama) contoh pangerang_pplmaros
  9. Isikan password email yang anda inginkan. Password sebaiknya perpaduan huruf besar dan kecil dengan angka numerik
  10. Gunakan sedikitnya 8 karakter. Jangan gunakan sandi dari situs lain atau sesuatu yang terlalu kentara seperti nama hewan peliharaan Anda (yang mudah diingat)
  11. Ketik ulang password anda
  12. Tulis tahun, bulan, dan tanggal kelahiran anda(Orang yang terhubung dengan Anda di Google dapat melihat bulan dan hari ulang tahun Anda. Pelajari lebih lanjut)
  13. Jenis kelamin
  14. Nomor handphone
  15. Jika anda punya akun emaill lainnya, isikan ke dalam formulir. Ini akan membantu anda jika akun email Google yang anda buat ini mengalami masalah nantinya.
  16. Lokasi atau negara anda
  17. Menyetujui persyaratan Gmail sampai selesai pengisian lanjutkan dengan Klik tombol Langkah berikutnya (lihat gambar di bawah) 
  18.  
  19. Selajutnya akan diproses …….. terlihat gambar seperti dibawah ini 
  20.  Anda akan diberikan nomor PIN melalui SMS dan masukkan setelah gambar muncul.
  21. Melalui proses akan muncul persetujuan seperti gambar dibawah ini jika benar.
  22.  
  23. Tekan Langkah berikutnya dan anda diterima oleh layanan Goegledengan kata selamat datang pangerang
  24. Lanjutkan dan terlihat email anda siap digunakan seperti gambar dibawah ini dengan email yaitu : pangerangmaros@Gmail.com dan silahkan digunakan untuk peruntukannya. Ketik lanjutan 
  25.  Akan terlihat Gambar
  26. Selamat menggunkakannya semoga sukses selalu. Amim…….Salam

No comments :